Skip to main content

GUNUNG KAPUR bersepeda ngawur ke Gunung Kapur





GOWES [bersepeda] NGAWUR ke Gunung Kapur
Sebuah area yang terletak di perbatasan antara Bekasi dengan Bogor tepatnya di desa Kelapa Nunggal, menyimpan pesona alam yang cantik & mempesona [menurut kacamata saya lho ya…hahaha] yang bisa di explore dengan sepeda.
Di daerah ini terdapat sebuah potensi alam Gunung Kapur [Limestone] yang di tambang untuk bahan baku pabrik semen & menjadi sumber penghasilan ekonomi masyarakat sekitar, hasilnya membuat pegunungan/alam ini jadi rusak parah karena kebutuhan hidup & ego manusia untuk mendapatkan hasil instant dengan merusak alam semesta, sedih ya…! [nangis Bombay…]
Tapi ya begitulah sifat sebagian para manusia-manusia yang hidup di alam Indonesia yang katanya indah & kaya raya ini, tapi brengsek & kacau balau di urus oleh para aparat/pejabat pemerintahan yang banyak korupsi plus tidak jelas visi & misi nya ini…hihihi…[lantas masa iya sih kita harus pindah warga negara ya…hahaha, sambil berdoa saja semoga makin baik tata kelola Negara kita ini]



OK bro…back to mountain bike activity ya…! Awalnya kita bertiga Saya, Adien & Maulana janjian “Car Free Day” an di Bekasi pada hari Minggu pagi. Karena suasana & cuaca waktu itu lagi cerah & bagus-bagusnya entah ide darimana tiba-tiba kita putuskan untuk bersepeda ke area Gunung Kapur ini. Rute nya dari Bekasi kearah trek ini  http://nardexmtb.blogspot.co.id/2015/01/xc-race-jj-mtb-community.html lalu melipir melewati jalan tengah-tengah Kota Wisata dan lanjut ke Arah Cilengsi.
Dari Cilengsi melewati area perumahan yang tembus ke jalan di belakang Taman Buah Mekarsari lalu blusukan via jalan kampung sampai lah di sebuah lokasi Tambang Batu Kapur [Limestone] di Desa Kelapa Nunggal. Desa ini sudah masuk ke pemerintahan Bogor, namun lebih dekat ke arah Bekasi jadi cuacanya gak beda-lah sama Bekasi panas & kering. Mendekati area sini banyak sekali mobil truk yang lalu lalang mengangkut batu kapur jadi jika mau berkunjung kesini pastikan untuk memakai masker penutup hidung supaya debu bisa di hindari terhirup oleh hidung.



Dari jalan utama Kelapa Nunggal lokasi ini tidak begitu jelas terlihat, tapi untuk menandai area ini gampang saja yaitu terdapat banyak truk-truk angkutan batu kapur yang keluar masuk. Tidak begitu jauh dari jalan utama melewati jalan yang rusak parah & banyak kubangan airnya, setelah melewati sebuah komplek perumahan kecil yang kurang terawat lalu pas di belakang perumahan inilah lokasi Gunung Kapur ini.
Spot galian bekas batu kapur & beberapa bukit yang belum di tambang [kabar nya untuk meruntuhkan bukit ini di pasang bahan peledak] menjadi bagian yang paling menarik dari lokasi ini. Beberapa tempat sangat bagus view nya & kami pun berfoto-foto di area ini. Selain itu terdapat juga beberapa Gua yang masih tersisa namun kami tidak menuju kelokasi ini karena beberapa tempat terdapat aktifitas penambang batu tradisional & kami takut menggangu kegiatan mereka jika melintasi di area ini.



Terdapat juga sebuah aliran sungai kecil yang airnya jernih sekali, menembus bukit kapur yang sangat tinggi, tampak depan hanya terlihat kecil entahlah di dalam nya mungkin terdapat relung yang besar didalamnya. Kami hanya mengamati dari luar saja…oh ya banyak foto-foto menarik di tempat ini silahkan buka “instagram” dengan hastag #gunungkapur atau #explorejonggol ya…!
Setelah puas berkeliling di area ini kami pun bergegas untuk pulang kembali jalurnya masih tetap yang kami lewati tadi pagi, Setelah Cilengsi kami ambil jalur lurus terus melewati Jalan Narogong Raya yang di jalur ini terdapat air terjun Parigi. Karena ini jalan raya Bogor-Bekasi maka wajib berhati-hait ketika bersepeda disini truk besar, bus antar kota, motor & angkot mendominasi jalanan kita harus awas & mengalah dengan mereka.
Shortcut kita ambil masuk ke komplek Perumahan Villanusa Indah-2 lantas blusukan jalur kampung & sampailah kami bertiga di rumah masing-masing dengan selamat. Ayo agendakan bersepeda kesini hanya perlut waktu ½ hari…tetap semangat & sehat bersepeda, salam @nardex.



Popular posts from this blog

BUKIT AQUILA CIPANAS Jalur Sepeda yang pas untuk menyegarkan nafas

Aquila adalah nama sebuah bukit yang terletak di Cipanas lokasi tepatnya adalah setelah Istana Presiden Cipanas Bogor, biasanya kami ‘unloading’ sepeda di sebual Villa [Gramedia] yang di depanya terdapat sebuah Warung Mie Jawa yang enak sekali rasanya, kemudian dari villa tersebut kita langsung meluncur dengan sepeda ke ‘BUKIT AQUILA’ Saya juga kurang tahu persis nama Aquila ini di ambil dari mana yang jelas sebuah bukit yang indah dengan pesona alam khas Parahyangan yang sangat sejuk dilihat & memanjakan mata. Bukit Aquila ini adalah sebuah bukit tempat berladang penduduk lokal setempat yang banyak menanam tanaman keras & beberapa sayuran berjenis kacang-kacangan, udaranya sangat segar & hijau tanaman ketika musim hujan. Sekilas tentang jalur sepeda Aquila Secara garis besar jalur ini saya bagi menjadi 4 bagian berdasarkan kondisi jalur, lokasi & area yang kita lintasi dengan bersepeda. Berdasarkan kategori jalur ini bisa dimasukan dalam kategori Light

ENDURO RACE di KTH Bikepark Puncak Bogor

   Starting point Bukit Pano'ongan   Suasana di Start Point ENDURO Sebuah genre baru  balap sepeda Saat ini genre Enduro berkembang pesat & sangat digemari oleh para pencinta olahraga Mountainbike. What is Enduro? Istilah Enduro awalnya adalah sebuah genre olahraga dari Motorbike yaitu sebuah lomba long distance cross country yang terbagi dalam beberapa stage kemudian dihitung overall total waktu keseluruhan dari stage yang dilombakan pemenangya adalah yang bisa menyelesaikan waktu tercepat. Enduro di Mountain bike jika tidak salah awal mulanya di selenggarakan di Negara Perancis adalah sebuah lomba yang menggabungkan “technical skill downhill” yang tinggi & kemampuan “endurance” yang prima yang biasanya terbagi dalam beberapa stage lomba, perpaduan dari dua hal ini menjadikan sebuah genre baru yang sempurna dari olahraga Mountain bike.  Salah satu rider di stage-1 sebelum turun hujan Salah satu contoh adalah Jerome Clement seorang atlet yang

SATU HARI BERMAIN SEPEDA di 3 jalur yang berbeda di Kota Bandung Raya

Banyak terdapat jalur sepeda yang harus dicoba di Kota Bandung Raya Kota Bandung disebut oleh para kompeni sebagai “Paris Van Java” entah ya gimana asal muasalnya…bingung emoticon. Selain terkenal dengan wisata kuliner, gudang nya mode fashion dengan ratusan toko pakaian “Factory Outlet” juga sangat mahsyur sebagai gudangnya para wanita cantik “Neng Geulis” yang terkenal dengan sebutan “Mojang Priangan”…entah ya berapa persen terdapat wanita cantik di kota ini…hihihi…tertawa emoticon. Kota yang menjadi ibukota Provinsi Jawa Barat ini dikelilingi oleh beberapa pegunungan sehingga udara lumayan sejuk [tapi sekarang sudah berasa panas ya…hahaha] pemandangan alam nya sangat indah dengan berbagai view yang sangat menawan. Beberapa daerah memang masih dipelihara keaslian hutanya & di khusus kan untuk menjadi hutan lindung dan menjadi daerah tujuan wisata. Yang paling menarik bagi kami selain hal diatas di Kota Bandung ini terdapat banyak jalur sepeda yang