Skip to main content

FASHION di olahraga sepeda






Busana untuk olahraga bersepeda bagaimana memilih bahan & jenisnya

Sekali lagi ini tulisan iseng-iseng saja membahas masalah busana dalam olahraga bersepeda. Fungsi busana bagi manusia adalah menjaga pemakainya merasa nyaman. Bagi yang tinggal di pada iklim panas fungsi utama adalah menjaga kulit dari sengatan sinar matahari secara langsung & berbagai dampak lainya, sedangkan di iklim dingin sifat insulasi termal umumnya lebih penting.
Perkembangan busana terutama untuk jenis bahan yang di pakai untuk olahraga berkembang sangat peast & dinamis. Beberapa produsen olahraga merk terkenal bersaing untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. Teknologi yang maju membuat busana menjadi sangat nyaman, aman & bahkan bisa memberikan penghalang higienis, menjaga toksin dari badan dan membatasi penularan kuman.
Seragam bersepeda seri kedua TC2MTB
Dalam dunia olahraga pada umumnya teknologi akan penggunaan bahan, design & rancangan fashion sangat detail, terus berkembang dengan riset & design yang sangat serius. Pada awalnya manusia memakai kulit pohon & binatang untuk busana pada zaman purba. Kini lewat kemajuan teknologi telah tersedia berbagai macam jenis kain untuk bahan busana seperti katun/cotton, Linen, Nilon, Tetoron, Rayon, Sutra dan lain lain.
Sifat ke praktisan dalam busana olahraga terutama olahraga sepeda harus di pertimbangkan. Perpaduan antara nylon, polyester & spandek menghasilkan bahan yang baik untuk busana olahraga atau untuk orang yang beraktifitas sangat tinggi, karena di buat untuk menguapkan keringat supaya tetap kering sehingga dapat mengoptimalkan suhu tubuh saat beraktifitas olahraga. Bahan seperti ini banyak di jumpai pada busana merk merk terkenal dengan sebutan “dry fit” yang komposisi bahan tersebut 62% cotton, 34% polyester & 4% spandek. Nah sekarang anda faham kan kenapa kalau bersepeda kita harus memakai “jersey” atau busana khusus bersepeda…hehehe. Serius amat ya baca nya…hahaha.
Template jersey seri ketiga TC2MTB dari Hardside [copyrighted]
Bergaya dengan seragam seri ketiga TC2MTB
Lalu apa bedanya jersey sepeda dengan busana olahraga pada umumnya. Ya pasti beda lah jersey sepeda di design dengan special untuk memenuhi kebutuhan aktifitas bersepeda. Contoh jersey sepeda XC: Cross Country tentu akan berbeda dengan jersey sepeda AM: All Mountain. Misal jersey XC: dibuat dengan design yang ketat menempel tubuh karena sifat gerakan bersepeda yang dinamis & aerodinamis, sedang jersey AM & DH di buat agak lebih longgar karena selain pakaian harus juga memakai gear pengaman jadi di buatlah agak longgar.
Design, corak & warna keduanya bersifat cerah ceria ini menunjukan sifat dari ke dinamis an olahraga sepeda. Di komunitas penulis bergabung TC2MTB design dari jersey biasanya saya yang membuat. Pada awal-awal pembuatan jersey untuk komunitas kami biasanya hanya mengandalkan design yang sudah ada atau "template” dari produsen busana kemudian di tambah dengan logo komunitas. Karena sifat produksi yang masal ketika kami pakai untuk acara bersepeda terjadi kembar jersey dengan komunitas lain, beda di logo komunitas saja.
Jersey seri ke empat desain total saya yang buat nardex [copyrigthed]
Berfoto bersama dengan seragam seri ke empat TC2MTB
Jersey sebagai indentitas komunitas mulai total keseluruhan saya design untuk edisi tahun 2014 yang berwarna biru muda. Produsen hanya copy paste dari design yang sudah saya buat. Awal nya ragu-ragu akan hasil akhir jadi seperti apa, karena saya tidak mempunyai program khusus aplikasi computer yang umum di pakai untuk merancang deasin busana, saya membuat design dengan CAD jadi banyak keterbatasan untuk berkreasi. Lewat berbagai diskusi dengan produsen busana “Hardside” di bandung saya banyak berkonsultasi masalah design ini. Akhirnya finish juga design jersey pertama saya, hasilnya lumayan juga, bisa di lihat di foto-foto jersey 2014 yang saya beri nama seri “Gravity” di rencanakan tiap tahun kami akan membuat jersey hasil kreasi sendiri. Di tahun 2015 ini nanti design jersey yang akan saya buat bertema “trail of freedom” tunggu ya sedang di persiapkan draft design nya, jika kalian berminat ingin memiliki koleksi jersey dari kamu tolong tulis alamat email kalian di kolom komentar nanti akan kita hubungi.
Tetap semangat, selalu sehat dengan olahraga bersepeda…salam! @nardex

Gaya busana bersepeda
Tips memilih jersey sumber "gowesbike.com"

Karena iklim tropis di Indonesia pilihlah jersey sepeda yang bahan dasarnya berpori/ Dry Fit – Micro Fibre Eyelet – Cotton Dri, bahan ini dapat menarik keringat tubuh dan menyalurkan langsung ke lapisan terluar jersey sehingga membuat tubuh tetap kering dan nyaman selama bersepeda. Jersey sepeda juga ada yang mempunyai full zip/ resleting penuh pada bagian depannya yang bisa di buka ketika panas tubuh sudah berlebihan yang biasanya jenis jersey untuk bersepeda di jalan raya.  Baju  sepeda ini umumnya ketat melekat di badan ini bertujuan mengurangi gaya gesek angin yang menghasilkan kecepatan lebih ketika bersepeda, sedangkan untuk kegiatan sepeda mtb biasanya tidak ketat karena bukan mementingkan kecepatan tetapi kenyaman.

Pilih jersey sepeda yang mempunyai jahitan halus, ini dimaksudkan untuk kenyamanan selama bersepeda, karna ketika jahitannya kasar itu akan membuat kulit menjadi iritasi.

Demi keselamatan selama melakukan olahraga sepeda pilihlah Jersey Sepeda Berkualitas yang berwarna cerah, agar kendaraaan lain dapat melihat dan terhindar dari kecelakaan.



Di jalur kebun sawit bukit Aquila
Di depang gerbang Gunung Tangkuban Parahu
Jersey Template Rinjani Enduro Challenge 2016 by Pattern Hardside Logo by REC Team 

Rinjani Enduro Challenge 2016 Mt. Rinjani Lombok Island May 5-8 2016

Memakai busana keluaran brand fashion dan desainer ternama bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Baik saat hadir dalam pesta, acara sosial maupun momen spesial. Tak hanya itu, mengenakan pakaian bermerek ternyata juga bisa membuat olahraga lebih semangat.

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa pakaian bermerek memiliki efek 'placebo' (sugesti) terhadap pemakainya saat berolahraga. Studi dari The Journal of Consumer Research menemukan, memakai busana dari merek tertentu akan memberikan efek positif terhadap performa seseorang ketika berolahraga…mungkin…termasuk juga dalam olahraga sepeda ya…?

"Hasil penelitian kami mengindikasikan bahwa brand ternama bisa memunculkan efek placebo yang secara objektif juga meningkatkan keberhasilan dalam konteks olahraga"

Memakai peralatan atau busana olahraga dari merek ternama membantu mengurangi rasa gelisah pada pemakainya. Alhasil, aktivitas yang mereka kerjakan pun jadi lebih optimal. Selain itu mengenakan pakaian merek terkenal juga menambah rasa percaya diri dan membuat mereka lebih nyaman dengan dirinya sendiri ketika melakukan suatu kegiatan.

"Orang yang belum berpengalaman (dalam olahraga) cenderung ragu-ragu dan gelisah, kehadiran brand ternama ini bisa membantu meringankan kecemasan itu".

Namun efek placebo ini hanya berlaku pada pemula, atau mereka yang baru mencoba berolahraga. Sementara bagi para “atlet professional”, memakai pakaian dari brand ternama tidak terlalu menimbulkan efek terhadap performa olahraga mereka.

Popular posts from this blog

BUKIT AQUILA CIPANAS Jalur Sepeda yang pas untuk menyegarkan nafas

Aquila adalah nama sebuah bukit yang terletak di Cipanas lokasi tepatnya adalah setelah Istana Presiden Cipanas Bogor, biasanya kami ‘unloading’ sepeda di sebual Villa [Gramedia] yang di depanya terdapat sebuah Warung Mie Jawa yang enak sekali rasanya, kemudian dari villa tersebut kita langsung meluncur dengan sepeda ke ‘BUKIT AQUILA’ Saya juga kurang tahu persis nama Aquila ini di ambil dari mana yang jelas sebuah bukit yang indah dengan pesona alam khas Parahyangan yang sangat sejuk dilihat & memanjakan mata. Bukit Aquila ini adalah sebuah bukit tempat berladang penduduk lokal setempat yang banyak menanam tanaman keras & beberapa sayuran berjenis kacang-kacangan, udaranya sangat segar & hijau tanaman ketika musim hujan. Sekilas tentang jalur sepeda Aquila Secara garis besar jalur ini saya bagi menjadi 4 bagian berdasarkan kondisi jalur, lokasi & area yang kita lintasi dengan bersepeda. Berdasarkan kategori jalur ini bisa dimasukan dalam kategori Light

ENDURO RACE di KTH Bikepark Puncak Bogor

   Starting point Bukit Pano'ongan   Suasana di Start Point ENDURO Sebuah genre baru  balap sepeda Saat ini genre Enduro berkembang pesat & sangat digemari oleh para pencinta olahraga Mountainbike. What is Enduro? Istilah Enduro awalnya adalah sebuah genre olahraga dari Motorbike yaitu sebuah lomba long distance cross country yang terbagi dalam beberapa stage kemudian dihitung overall total waktu keseluruhan dari stage yang dilombakan pemenangya adalah yang bisa menyelesaikan waktu tercepat. Enduro di Mountain bike jika tidak salah awal mulanya di selenggarakan di Negara Perancis adalah sebuah lomba yang menggabungkan “technical skill downhill” yang tinggi & kemampuan “endurance” yang prima yang biasanya terbagi dalam beberapa stage lomba, perpaduan dari dua hal ini menjadikan sebuah genre baru yang sempurna dari olahraga Mountain bike.  Salah satu rider di stage-1 sebelum turun hujan Salah satu contoh adalah Jerome Clement seorang atlet yang

SATU HARI BERMAIN SEPEDA di 3 jalur yang berbeda di Kota Bandung Raya

Banyak terdapat jalur sepeda yang harus dicoba di Kota Bandung Raya Kota Bandung disebut oleh para kompeni sebagai “Paris Van Java” entah ya gimana asal muasalnya…bingung emoticon. Selain terkenal dengan wisata kuliner, gudang nya mode fashion dengan ratusan toko pakaian “Factory Outlet” juga sangat mahsyur sebagai gudangnya para wanita cantik “Neng Geulis” yang terkenal dengan sebutan “Mojang Priangan”…entah ya berapa persen terdapat wanita cantik di kota ini…hihihi…tertawa emoticon. Kota yang menjadi ibukota Provinsi Jawa Barat ini dikelilingi oleh beberapa pegunungan sehingga udara lumayan sejuk [tapi sekarang sudah berasa panas ya…hahaha] pemandangan alam nya sangat indah dengan berbagai view yang sangat menawan. Beberapa daerah memang masih dipelihara keaslian hutanya & di khusus kan untuk menjadi hutan lindung dan menjadi daerah tujuan wisata. Yang paling menarik bagi kami selain hal diatas di Kota Bandung ini terdapat banyak jalur sepeda yang