Skip to main content

BERMAIN MINI DOWNHILL di Sentul City Hill



Sekilas tentang sepeda jenis Downhill
Sepeda DH memiliki standar yang khusus & sangat spesifik karena digunakan pada medan yang extreme sangat sering terjadi benturan & goncangan yang keras. Dari karakter ini dikembangkan sebuah desain yang khusus & berbeda dengan jenis sepeda Mountainbike jenis lainya.Dibuat &  dirancang untuk dapat melaju dengan cepat, menikung stabil & melompat dengan mantap menuruni lereng sebuah bukit atau gunung yang berkontur batu-batu atau tanah keras & sejenisnya.
Sepeda ini biasanya ber suspensi ganda: depan & belakang serta mempunyai geometri khusus yang di design dengan pertimbangan untuk mampu meluncur dengan cepat, aman & nyaman untuk menuruni gunung dan perbukitan, karena sifat nya yang sedikit mengayuh pedal ketika untuk berkendara, sepeda ini kurang begitu nyaman jika di pakai untuk aktifitas sehari-hari yang memerlukan pedaling tinggi seperti sepeda commuting atau road bike…jadi sangat tidak cocok 'bike to work' pakai sepeda DH…hahaha.
Mendorong sepeda ke puncak tertinggi awal start

Start awal dengan pemandangan bukit-bukit

Berawal dari susah nya mencari jalur sepeda tempat bermain Downhill [DH] yang harus bersusah payah mengangkut sepeda ke Puncak Bukit atau gunung yang biasa nya terdapat di luar kota, seorang tokoh & penggemar Downhill Haji Abidin berinisiatif membuat jalur sepeda DH yang lokasi nya tidak jauh dari kota Jakarta sehingga bisa dijangkau dengan kendaraan mobil tidak terlalu lama.
Sentul adalah sebuah kota kecamatan yang terletak di luar kota Jakarta arah kota Bogor, kontur tanah yang berbukit-bukit menjadikan tempat ini sangat layak untuk di jadikan tempat bermain sepeda. Sebuah perumahan mewah bernama Sentul City menjadi penanda kawasan ini, di gerbang masuk sebelah kanan terdapat sebuah perbukitan yang di sulap menjadi jalur bermain sepeda DH berkat kreatifitas & tangan dingin Haji Abidin. Untuk menuju kesini akses jalan sangat lancar karena belum masuk ke Puncak atau Bogor karena lokasi Sentul berada di tengah-tengah antara Bogor & Jakarta.
Melompat di 'ramp' pertama dari 2 'ramp' yang ada
Track yang di kenal oleh umum dengan nama “Sency Bike Park” ini jalur keseluruhan tidak terlalu panjang tetapi obstacle & drop off typical nya di buat sangat teknikal sekali mengikuti kaidah-kaidah dari jalur sepeda DH. Setelah loading dengan kendaraan yang disediakan oleh pengurus bike park keatas bukit yang tertinggi starting point mulailah kami mempersiapkan diri untuk mulai bersepeda DH.

Jalur 'chicken way' tetap asyik di lewati sepeda


Wall ride untuk akselerasi melompati ramp kedua

Titik start dari jalur ini adalah sebuah bukit yang terdapat tulisan besar “Sentul City” dari tempat ini kita start sesuai dengan grup kelompok bermain atau masing-masing boleh juga. Jalur asyik masih sedikit harus pedaling beberapa meter kemudian langsung berubah menurun tajam, terdapat gundukan tanah untuk pumping & beberapa drop yang tidak terlalu tinggi. Di jalur ini kita masih bisa santai & enjoy menikmati gravity yang flowy sepeda...pumping di laku kan untuk menambah akselerasi sepeda.
Jalur kemudian makin menurun tajam terdapat 2 buah 'ramp'/jembatan untuk melompat & 'wall ride' yang cukup lebar & panjang berguna untuk menambah akselerasi & kecepatan laju sepeda, wall ini menghubungkan antara 2 'ramp'/jembatan tersebut. Di tengah antara 'obstacle' tersebut terdapat sebuah gap yang lumayan panjang. Jalur ini menjadi 'primadona" tempat yang paling menarik & paling menantang dari bagian jalur sepeda ini.

Melompat di ramp kedua kemudian lurus turun ke lintasan yang ada gap nya

Buat yang sudah mahir sangat mudah & enjoy sekali melewatinya, tapi bagi anda yang belum begitu mahir sebaiknya hindari saja…hahaha. Penulis sendiri memilih tidak melewati jalur ini karena spesifikasi sepeda & skill yang masih kurang. Alternative jika tidak lewat jalur ini terdapat jalur “chicken way” tetapi walaupun begitu tetap kita harus melewati drof setinggi 1 meteran. Ingat DH adalah olahraga yang sangat berbahaya selain nyali & keberanian penting juga melengkapi diri dengan alat-alat khusus pelindung diri yang menjadi syarat mutlak bersepeda DH..."safety tetaplah menjadi prioritas yang utama".
Lepas dai jalur ini kondisi jalur terus menurun dan kontur tanah merah sedikit berbatu, terdapat sebuah gap yang harus kita lompati jaraknya tidak terlalu panjang & tinggi kita ikuti saja flowy maka gap ini sangat mudah dilewati.
Setelah itu sedikit mengayuh sampai lah kita finish di titik finish. Banyak diantara kami yang mengulang berkali-kali untuk mencoba track ini dengan loading lagi dengan mobil keatas bukit. Sangat saya rekomendasikan bermain di jalur ini khusus buat anda yang terbatas oleh waktu & tidak dapat pergi jauh ke luar kota Jakarta.
Sampai jumpa, tetap semangat & sehat dengan bersepeda…salam @nardex  

Wall ride penghubung 2 ramp

Popular posts from this blog

BUKIT AQUILA CIPANAS Jalur Sepeda yang pas untuk menyegarkan nafas

Aquila adalah nama sebuah bukit yang terletak di Cipanas lokasi tepatnya adalah setelah Istana Presiden Cipanas Bogor, biasanya kami ‘unloading’ sepeda di sebual Villa [Gramedia] yang di depanya terdapat sebuah Warung Mie Jawa yang enak sekali rasanya, kemudian dari villa tersebut kita langsung meluncur dengan sepeda ke ‘BUKIT AQUILA’ Saya juga kurang tahu persis nama Aquila ini di ambil dari mana yang jelas sebuah bukit yang indah dengan pesona alam khas Parahyangan yang sangat sejuk dilihat & memanjakan mata. Bukit Aquila ini adalah sebuah bukit tempat berladang penduduk lokal setempat yang banyak menanam tanaman keras & beberapa sayuran berjenis kacang-kacangan, udaranya sangat segar & hijau tanaman ketika musim hujan. Sekilas tentang jalur sepeda Aquila Secara garis besar jalur ini saya bagi menjadi 4 bagian berdasarkan kondisi jalur, lokasi & area yang kita lintasi dengan bersepeda. Berdasarkan kategori jalur ini bisa dimasukan dalam kategori Light

ENDURO RACE di KTH Bikepark Puncak Bogor

   Starting point Bukit Pano'ongan   Suasana di Start Point ENDURO Sebuah genre baru  balap sepeda Saat ini genre Enduro berkembang pesat & sangat digemari oleh para pencinta olahraga Mountainbike. What is Enduro? Istilah Enduro awalnya adalah sebuah genre olahraga dari Motorbike yaitu sebuah lomba long distance cross country yang terbagi dalam beberapa stage kemudian dihitung overall total waktu keseluruhan dari stage yang dilombakan pemenangya adalah yang bisa menyelesaikan waktu tercepat. Enduro di Mountain bike jika tidak salah awal mulanya di selenggarakan di Negara Perancis adalah sebuah lomba yang menggabungkan “technical skill downhill” yang tinggi & kemampuan “endurance” yang prima yang biasanya terbagi dalam beberapa stage lomba, perpaduan dari dua hal ini menjadikan sebuah genre baru yang sempurna dari olahraga Mountain bike.  Salah satu rider di stage-1 sebelum turun hujan Salah satu contoh adalah Jerome Clement seorang atlet yang

SATU HARI BERMAIN SEPEDA di 3 jalur yang berbeda di Kota Bandung Raya

Banyak terdapat jalur sepeda yang harus dicoba di Kota Bandung Raya Kota Bandung disebut oleh para kompeni sebagai “Paris Van Java” entah ya gimana asal muasalnya…bingung emoticon. Selain terkenal dengan wisata kuliner, gudang nya mode fashion dengan ratusan toko pakaian “Factory Outlet” juga sangat mahsyur sebagai gudangnya para wanita cantik “Neng Geulis” yang terkenal dengan sebutan “Mojang Priangan”…entah ya berapa persen terdapat wanita cantik di kota ini…hihihi…tertawa emoticon. Kota yang menjadi ibukota Provinsi Jawa Barat ini dikelilingi oleh beberapa pegunungan sehingga udara lumayan sejuk [tapi sekarang sudah berasa panas ya…hahaha] pemandangan alam nya sangat indah dengan berbagai view yang sangat menawan. Beberapa daerah memang masih dipelihara keaslian hutanya & di khusus kan untuk menjadi hutan lindung dan menjadi daerah tujuan wisata. Yang paling menarik bagi kami selain hal diatas di Kota Bandung ini terdapat banyak jalur sepeda yang