Skip to main content

PARIGI AIR TERJUN di Bekasi









Curug Parigi...Air terjun Niagara versi mini di Bekasi

Kota Bekasi beberapa waktu yang lalu menjadi trending tropic netizen [bahasa kasarnya sih di bully…hihihi] oleh mereka yang tidak suka dengan Kota ini. Saya tinggal di Bekasi sejak tahun 2003, jadi sudah faham betul & tidak begitu terkejut dengan situasi ini… ya dahulu memang "acak-adul" banget kota ini namun sekitar 5 tahun kesini sudah banyak perbaikan yang sangat berarti walaupun tetap masih ada banyak kekurangan disana-sini, kita tetap harus mengapresiasi aparat & warga yang telah berniat baik membenahi kota ini.
Okay bro...lupakan "carut marut" tentang tata kota & segala permasalahanya, yuk kita intip lokasi-lokasi yang bagi orang awam tidak terbayang lokasi ini berada di Kota Bekasi. Lokasi/obyek yang saya maksud adalah sebuah Curug aka Air Terjun yang berada di aliran sungai yang membelah kota Bekasi. Tepatnya terletak di belakang perumahan Villanusa Indah 5 Curug yang bernama Parigi ini menjadi obyek fotografi yang sangat keren jika di abadikan oleh mereka yang ahli fotografi…gak percaya? [Silakan searching dengan kata kunci Curug Parigi Bekasi]

Versi warga awalnya permukaan sungai ini adalah rata, karena adanya pengerukan batu & pasir yang cukup kontinyu dan besar-besaran maka lambat laun terjadi patahan yang cukup dalam kemudian membentuk air terjun Parigi ini. Tinggi air terjun ini sendiri hanya sekitar 2-3 meter jika musim kemarau debit air tidak tertalu banyak. Namun jika musim hujan seperti ini debit air sangat tinggi & sangat indah untuk di lihat. Bahkan seringkali curug ini tenggelam oleh aliran sungai yang cukup besar dari arah Cileungsi/Bogor.



Minggu pagi saya menyempatkan diri untuk berkunjung dengan sepeda ke lokasi ini, letaknya sangat mudah sekali di jangkau dari Bekasi Kota ambil arah Cilengsi/Bogor via Jalan Narogong Raya tepatnya setelah Pasar Bantar Gebang ada sebuah jalan/daerah bernama Pangkalan 4. Jangan sampai kelewat ya…dari jalan ini kira-kira 200m di samping pabrik Hakapole terdapat sebuah jalan masuk yang terdapat warung & tertulis arah ke Curug Parigi.
Dari warung ini terus masuk sekitar 2 kilometer sebelah kanan tempat lokasi curug ini. Dari jalan ini curug tidak terlihat sama sekali tapi gemuruh airnya keras jelas terdengar. Biasanya kalau minggu pagi banyak yang berkunjung ke Curug ini, yang naik motor & mobil ada area parkirnya. Karena saya bawa sepeda jadi bisa di gotong langsung turun ke sungai ke depan curug ini, harus hati-hati karena belum ada tangga permanen yang ada hanya turunan tanah berundak yang licin jika musim hujan.







Lokasi ini masuk ke Pemda Bogor atau Bekasi saya kurang faham, sangat disayangkan lokasi alam yang cantik begini tidak terjamah & dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah. Oh ya…ngobrol dengan warga asli sekitar kampung curug ini walaupun kelihatanya mini namun sangat berbahaya & sering memakan korban nyawa. Banyak pengunjung yang kadang iseng mencoba naik ke atas curug ini untuk berenang, narsis & selfie lantas terpeleset jatuh terbawa arus sungai.

Warga mengingatkan supaya jangan naik & waspada jika bermain air disini, aliran curug ini yang paling aman adalah bagian paling kiri karena relative dangkal, sedangkan yang paling berbahaya adalah pada sisi sebelah kanan/barat karena muka air sangat dalam & pusaran air bawah sangat kuat. Biasanya yang menjadi korban mereka yang nekat, terjatuh lalu terseret arus putaran bawah ini…so kalau mau kesini harus hati-hati ya!
Link jalur menuju kesini:  https://www.strava.com/activities/498377625
Tetap semangat & sehat terus bersepeda…see you next trip…




Popular posts from this blog

BUKIT AQUILA CIPANAS Jalur Sepeda yang pas untuk menyegarkan nafas

Aquila adalah nama sebuah bukit yang terletak di Cipanas lokasi tepatnya adalah setelah Istana Presiden Cipanas Bogor, biasanya kami ‘unloading’ sepeda di sebual Villa [Gramedia] yang di depanya terdapat sebuah Warung Mie Jawa yang enak sekali rasanya, kemudian dari villa tersebut kita langsung meluncur dengan sepeda ke ‘BUKIT AQUILA’ Saya juga kurang tahu persis nama Aquila ini di ambil dari mana yang jelas sebuah bukit yang indah dengan pesona alam khas Parahyangan yang sangat sejuk dilihat & memanjakan mata. Bukit Aquila ini adalah sebuah bukit tempat berladang penduduk lokal setempat yang banyak menanam tanaman keras & beberapa sayuran berjenis kacang-kacangan, udaranya sangat segar & hijau tanaman ketika musim hujan. Sekilas tentang jalur sepeda Aquila Secara garis besar jalur ini saya bagi menjadi 4 bagian berdasarkan kondisi jalur, lokasi & area yang kita lintasi dengan bersepeda. Berdasarkan kategori jalur ini bisa dimasukan dalam kategori Light

ENDURO RACE di KTH Bikepark Puncak Bogor

   Starting point Bukit Pano'ongan   Suasana di Start Point ENDURO Sebuah genre baru  balap sepeda Saat ini genre Enduro berkembang pesat & sangat digemari oleh para pencinta olahraga Mountainbike. What is Enduro? Istilah Enduro awalnya adalah sebuah genre olahraga dari Motorbike yaitu sebuah lomba long distance cross country yang terbagi dalam beberapa stage kemudian dihitung overall total waktu keseluruhan dari stage yang dilombakan pemenangya adalah yang bisa menyelesaikan waktu tercepat. Enduro di Mountain bike jika tidak salah awal mulanya di selenggarakan di Negara Perancis adalah sebuah lomba yang menggabungkan “technical skill downhill” yang tinggi & kemampuan “endurance” yang prima yang biasanya terbagi dalam beberapa stage lomba, perpaduan dari dua hal ini menjadikan sebuah genre baru yang sempurna dari olahraga Mountain bike.  Salah satu rider di stage-1 sebelum turun hujan Salah satu contoh adalah Jerome Clement seorang atlet yang

SATU HARI BERMAIN SEPEDA di 3 jalur yang berbeda di Kota Bandung Raya

Banyak terdapat jalur sepeda yang harus dicoba di Kota Bandung Raya Kota Bandung disebut oleh para kompeni sebagai “Paris Van Java” entah ya gimana asal muasalnya…bingung emoticon. Selain terkenal dengan wisata kuliner, gudang nya mode fashion dengan ratusan toko pakaian “Factory Outlet” juga sangat mahsyur sebagai gudangnya para wanita cantik “Neng Geulis” yang terkenal dengan sebutan “Mojang Priangan”…entah ya berapa persen terdapat wanita cantik di kota ini…hihihi…tertawa emoticon. Kota yang menjadi ibukota Provinsi Jawa Barat ini dikelilingi oleh beberapa pegunungan sehingga udara lumayan sejuk [tapi sekarang sudah berasa panas ya…hahaha] pemandangan alam nya sangat indah dengan berbagai view yang sangat menawan. Beberapa daerah memang masih dipelihara keaslian hutanya & di khusus kan untuk menjadi hutan lindung dan menjadi daerah tujuan wisata. Yang paling menarik bagi kami selain hal diatas di Kota Bandung ini terdapat banyak jalur sepeda yang