Skip to main content

BEKASI Bicycle Park & XC Race



 


BEKASI BICYCLE PARK & MTB XC Race
Bekasi terletak di sebelah timur Jakarta adalah kota satelit yang menjadi penyangga ibukota Jakarta. Berbagai ragam suku & ras berkumpul di kota Bekasi mengadu peruntungan nasibnya bekerja atau membuka usaha di kota-kota Jakarta & sekitarnya. Saya tinggal di daerah Bekasi mulai tahun 2003 tepatnya di daerah Kecamatan Bekasi Utara. Dahulu kala Bekasi yang terkenal dengan julukan Kota “Patriot” belum memiliki sebuah landmark yang menjadi ciri daripada kota metropolitan. Kini di dengan dibangunya sebuah kawasan kota terpadu oleh perusahaan swasta yaitu pengembang property Summar*con, menjadikan Bekasi seperti kota-kota lain di dunia yang modern ditandai dengan bangunan yang tinggi/highrise building yang megah symbol daripada kemajuan & modernitas peradaban manusia. Terlepas dari proses pembangunanya yang biasanya menimbulkan pro & kontra dari berbagai pihak.




Okay kita lupakan saja hal diatas kita bahas saja tentang sesuatu yang berhubungan dengan sepeda. Ya dilahan kota baru ini terdapat sebuah area tempat kami bermain sepeda tiap hari Sabtu & Minggu pagi. Terdapat sebuah lahan kosong yang disediakan oleh pengembang  sepertinya blok/cluster untuk calon perumahan namun belum dibangun.  “SMB” Bekasi Bicycle Park ini terdiri dari 2 bagian yang pertama adalah sebuah jalur total panjang lintasanya sekitar 4 Kilometer di sebut juga segment “Pure Xc” terdiri dari tanah merah yang didalamnya terdapat sebuah rintangan-rintangan buatan yaitu terdiri dari gundukan gundukan tanah.
Segment ini minim sekali pepohonan jadi akan terasa sangat panas ketika matahari telah lewat dari jam 10.00 pagi. Jika ingin bermain sepeda di trek ini usahakan datang pada pagi hari ketika matahari masih teduh sinarnya atau sore hari menjelang matahari tenggelam. Jika pagi hari terutama hari Sabtu & Minggu tempat ini sangat ramai di kunjungi oleh para pesepeda penggemar XC sekitar Bekasi. Yang paling menarik untuk di coba di jalur ini adalah sebuah gundukan tanah setinggi 5 meter yang bisa dig owes nanjak untuk menguji kemampuan & kekuatan bersepeda kita.



Bagian kedua dari jalur Bekasi Bicycle Park ini yaitu yang disebut “Technical XC” sebuah jalur single track diseberang danau yang lokasinya masih nyambung dengan track bagian pertama. Jalur ini berada di sebuah kebun/hutan mini yang terdiri dari pepohonan cherry, petai cina  & semak belukar, jarak total jalur ini sekitar 4 kilometer terdiri dari jalur tanah merah & bebatuan puing bekas bangunan. Jalur ini terdapat banyak rintangan alami berupa mini drop off & berbagai rintangan seperti tanjakan yang perlu skill & tenaga untuk melewatinya.
Jika akan bermain di jalur ini usahakan ketika musim kering/kemarau karena jika musim hujan jalur ini sangat becek & berlumpur karena beberapa bagian dari jalur ini adalah saluran buangan air menuju ke Danau. Sangat menyenangkan sekali bermain dijalur ini karena akhir dari jalur ini adalah sebuah danau buatan yang sangat bersih airnya, kita bisa beristirahat melepas lelah di tepi danau ini, sayangnya tidak ada warung atau penjual makanan di area ini karena pengelola kawasan kota ini tidak mengizinkan pedagang makanan berjualan di dalam komplek…[ini mau main sepeda atau wisata kuliner sih…hihihi].



Oh ya untuk masuk mencoba jalur ini kita tidak dipungut biaya sama sekali, yang membawa mobil dari rumah bisa parkir di sekitar ruko-ruko yang terdapat di sekitar area ini. Kami dari komunitas sepeda sangat berterimakasih dengan adanya Bikepark ini, namun yang menjadi kekurangan dari jalur ini adalah ketika musim hujan tiba rumput, semak belukar sangat lebat & tinggi-tinggi, tidak dipotong oleh pengelola jadi kami sangat khawatir dengan adanya binatang liar terutama ular yang tiba-tiba saja muncul mungkin bisa membahayakan aktifitas bersepeda kita.
Pengelola hanya serius menyiapkan jalur ini dengan bagus ketika akan diadakanya sebuah event sepeda, seperti yang terjadi beberapa bulan yang lalu ketika diselenggaraka n sebuah event “Summarecon Bekasi XC Race”. Event ini adalah pertama kalinya diselenggarakan di jalur ini di ikuti oleh atlet sepeda dari seluruh Indonesia yang professional & para penggemar sepeda amatir seperti saya ini. Nama atlet pro yang hadir seperti Kusmawati Yazid [Gold women medalist Sea Games] yang sempat memberikan training bersepeda.



Beberapa kelas yang dilombakan yaitu: Men XC Pro, Women XC Pro, Men XC Amateur, Women XC Amateur, Youth XC, Veteran XC & Vintage Bike Race. Persaingan antara para rider sangat ketat sekali, para penonton sangat antusias sekali memberikan dukungan kepada atlet-atlet kesayanganya. Yan paling seru adalah race Men XC Pro atlet pro dari berbagai daerah kumpul disini rata-rata mereka adalah atlet PON yang sangat terlatih & mempunyai tenaga & skill yang prima, saling salip, saling tempel, saling overlap terjadi di kelas ini total lintasan yang harus mereka lewati adalah 8 putaran jalur pure XC & teknikal XC. Juara dari kelas ini didominasi oleh atlet PON Jawa Barat karena merelka paling banyak menyertakan atletnya ikut lomba. Sedangkan untuk Women XC Pro total putaran adalah 5 kali dan yang menjadi juara adalah Kusmawati Yazid selain daripada atlet PON Jabar juga Atlet Sepeda Nasional dia adalah pembalap dari Polygon Factory Team saya sempat mewancarainya & berfoto bersama dia. Orangnya ramah & murah senyum [genjotanya alamak super ngebut…pahanya kelihatan kekar sekali…hihihi].
Penulis sendiri ikut di race Men XC Amateur kelas ini paling banyak pesertanya total 60 rider salah satu kelas yang kuota ridernya terpenuhi, jika kuota tidak dibatasi mungkin bisa 100 rider ikut di kelas ini…hihihi…ribet banget kan jalurnya jika di penuhi 100 rider. Total putaran di kelas ini adalah 3 kali dengan sistem gugur, jadi ketika kita disalib/dioverlap oleh rider tercepat otomatis kita tidak boleh lagi ikut lomba dan harus keluar lintasan. Hanya menyisakan 10 rider tercepat lantas yang masuk menjadi juara yaitu rider tercepat ke-1 sampai dengan ke-5, lebih dari itu tidak mendapat juara & hanya dihitung catatan waktunya. Seru juga ikut race ini dan saya sudah kena overlap ketika belum komplit 2 putaran…sedih ya? Padahal latihan paling sering di bikepark ini…hihihi.



Keseruan acara Race ini ditutup dengan pemberian hadiah uang & barang dengan nilai total ratusan juta rupiah kepada para pemenang Lomba. Berbagai perusahaan besar ikut mensponsori event ini, kami berharap kegiatan ini akan terus berlanjut diselenggarakan sebagai agenda rutin tahunan. Sebagai komunitas penggemar sepeda hal ini tentu saja akan menjadi hiburan yang sangat menyenangkan. Pemerintah daerah Bekasi harusnya berperan aktif untuk menyelenggarakan acara ini mengingat antusiasme warga Bekasi dengan aktivitas bersepeda sangat tinggi. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan event race ini. Salam olahraga, tetap semangat & sehat dengan olahraga bersepeda…Nardex.




   

Popular posts from this blog

BUKIT AQUILA CIPANAS Jalur Sepeda yang pas untuk menyegarkan nafas

Aquila adalah nama sebuah bukit yang terletak di Cipanas lokasi tepatnya adalah setelah Istana Presiden Cipanas Bogor, biasanya kami ‘unloading’ sepeda di sebual Villa [Gramedia] yang di depanya terdapat sebuah Warung Mie Jawa yang enak sekali rasanya, kemudian dari villa tersebut kita langsung meluncur dengan sepeda ke ‘BUKIT AQUILA’ Saya juga kurang tahu persis nama Aquila ini di ambil dari mana yang jelas sebuah bukit yang indah dengan pesona alam khas Parahyangan yang sangat sejuk dilihat & memanjakan mata. Bukit Aquila ini adalah sebuah bukit tempat berladang penduduk lokal setempat yang banyak menanam tanaman keras & beberapa sayuran berjenis kacang-kacangan, udaranya sangat segar & hijau tanaman ketika musim hujan. Sekilas tentang jalur sepeda Aquila Secara garis besar jalur ini saya bagi menjadi 4 bagian berdasarkan kondisi jalur, lokasi & area yang kita lintasi dengan bersepeda. Berdasarkan kategori jalur ini bisa dimasukan dalam kategori Light

ENDURO RACE di KTH Bikepark Puncak Bogor

   Starting point Bukit Pano'ongan   Suasana di Start Point ENDURO Sebuah genre baru  balap sepeda Saat ini genre Enduro berkembang pesat & sangat digemari oleh para pencinta olahraga Mountainbike. What is Enduro? Istilah Enduro awalnya adalah sebuah genre olahraga dari Motorbike yaitu sebuah lomba long distance cross country yang terbagi dalam beberapa stage kemudian dihitung overall total waktu keseluruhan dari stage yang dilombakan pemenangya adalah yang bisa menyelesaikan waktu tercepat. Enduro di Mountain bike jika tidak salah awal mulanya di selenggarakan di Negara Perancis adalah sebuah lomba yang menggabungkan “technical skill downhill” yang tinggi & kemampuan “endurance” yang prima yang biasanya terbagi dalam beberapa stage lomba, perpaduan dari dua hal ini menjadikan sebuah genre baru yang sempurna dari olahraga Mountain bike.  Salah satu rider di stage-1 sebelum turun hujan Salah satu contoh adalah Jerome Clement seorang atlet yang

SATU HARI BERMAIN SEPEDA di 3 jalur yang berbeda di Kota Bandung Raya

Banyak terdapat jalur sepeda yang harus dicoba di Kota Bandung Raya Kota Bandung disebut oleh para kompeni sebagai “Paris Van Java” entah ya gimana asal muasalnya…bingung emoticon. Selain terkenal dengan wisata kuliner, gudang nya mode fashion dengan ratusan toko pakaian “Factory Outlet” juga sangat mahsyur sebagai gudangnya para wanita cantik “Neng Geulis” yang terkenal dengan sebutan “Mojang Priangan”…entah ya berapa persen terdapat wanita cantik di kota ini…hihihi…tertawa emoticon. Kota yang menjadi ibukota Provinsi Jawa Barat ini dikelilingi oleh beberapa pegunungan sehingga udara lumayan sejuk [tapi sekarang sudah berasa panas ya…hahaha] pemandangan alam nya sangat indah dengan berbagai view yang sangat menawan. Beberapa daerah memang masih dipelihara keaslian hutanya & di khusus kan untuk menjadi hutan lindung dan menjadi daerah tujuan wisata. Yang paling menarik bagi kami selain hal diatas di Kota Bandung ini terdapat banyak jalur sepeda yang